ada apa dengan indonesia?

Posted on Januari 7, 2007

14


                                 ke dalamhati2.com>>>. 

 Indonesia, negara ini seakan-akan tiada henti-hentinya  mengalami berbagai peristiwa. Baru kemarin rasanya kita merasakan ketenangan dikoyak oleh rentetan bom yang meledak dimana-mana, di gereja dan masjid, hotel, di kedutaan besar, di mall, bandara, dan tempat tempat wisata, bahkan tempat seperti bali yang merupakan tempat tujuan wisata internasional sampai dua kali di  koyak bom, kita sudah harus kehilangan lagi saudara-saudara kita karena tsunami yang yang melanda aceh dan menelan ratusan ribu jiwa. Disusul dengan gempa bumi yang kemudian mengguncang yogya, setelah itu seakan-akan gempa bumi dan tsunami menjadi ancaman laten yang sangat ditakuti bangsa ini dengan disusul gempa-gempa kecil dan tsunami yang sempat terjadi lagi di daerah  selatan pulau jawa.      

           Belum hilang semua itu dari ingatan, belum sembuh luka karena harus banyak kehilangan, kita sudah harus mengalami lagi berbagai peristiwa menyedihkan. Di sidoarjo keluar semburan lumpur yang terus membesar dan semakin lama semakin banyak hingga menenggelamkan puluhan desa, belum selesai persoalan lumpur lapindo, banjir besar sudah keburu datang di daerah sumatra dan aceh dan membuat persoalan baru untuk negara ini. belum lagi masalah-masalah klasik soal kebakaran hutan, ilegal logging, kemarau panjang yang menyebabkan gagal panen. belum lagi soal harga beras yang tak bisa kompromi sehingga pemerintah berencana mengimpor beras dari negara tetangga.

          Sungguh kita dulu begitu bangga, setelah berhasil berjuang membebaskan diri dari penjajah yang bercokol sangat lama, dari orang orang yang hanya bisa memperbudak kita, mengeruk hasil kekayaan alam tanah kita. Rasa terimakasih yang tak terhingga buat para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan nyawa dan harta benda. Rasa kagum dan hormat karena mereka yang hanya bersenjata sederhana mampu mengusir penjajah yang bersenjata modern dan berpengalaman berperang, tentu itu tak lain karena tekad mereka yang membaja, tentu itu karena merka mau mengorbankan nyawa.

        Sungguh dulu kita begitu bangga dilahirkan di sebuah negara kepulauan terbesar didunia, yang memiliki kekayaan hutan dan laut yang luar biasa, yang memiliki kekayaan barang tambang dibawah tanah yang subur dan bisa ditanami apa saja. Negara yang memiliki kekayaan budaya, bahasa, suku bangsa dan agama namun tetap menyatu sebagai sebuah bangsa.

Kini indonesia seakan lunglai, entah kekuatan apalagi yang harus dimiliki untuk bisa membawa bangsa ini menjadi kembali perkasa. Entah siapa pemimpin yang akan mampu membawa bangsa ini menjadi kembali teratur,stabil dan bermartabat dalam pergaulan dunia. Entah darimana kita harus mulai membangun dan menghapus goresan luka yang masih sangat membekas dihati kita.

HARUS MULAI DARIMANA KITA?

                                                                              ke halaman satunya

Iklan
Posted in: opini